Deskripsi Program Studi

Program Studi Pendidikan Matematika bertujuan menghasilkan lulusan sarjana pendidikan (S1) yang unggul dalam bidang pengajaran matematika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Lulusan dibekali karakter, kompetensi, jiwa sosial enterpreneurship, dan wawasan multietnis serta daerah perbatasan.

Visi

“Menjadikan Program Studi Pendidikan Matematika sebagai pusat pengembangan pendidikan matematika di Kalimantan yang berkarakter, kompetitif, unggul serta berjiwa sosial enterpreneurship yang berlandaskan budaya multietnis dan daerah perbatasan pada tahun 2030.”

Misi

  • Membentuk sarjana Pendidikan Matematika yang berkarakter, kompetitif, dan berjiwa sosial entrepreneurship.
  • Menyelenggarakan pembelajaran matematika yang berkualitas dan menumbuhkan inovasi pembelajaran.
  • Melaksanakan penelitian berbasis teknologi dan kearifan lokal multietnis serta daerah perbatasan.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk peningkatan SDM berbasis sosial entrepreneurship dan budaya lokal.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama:

  • Pedagogik – menguasai teknik mengajar dan memahami peserta didik.
  • Kepribadian – berakhlak mulia, berwibawa, dan profesional.
  • Profesional – menguasai materi matematika dan metodologi pengajarannya.
  • Sosial – mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dalam masyarakat pendidikan.

Kompetensi Pendukung:

  • Menguasai teknologi informasi untuk pembelajaran dan penelitian.
  • Mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan sosial.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran meliputi aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus sesuai dengan KKNI level 6 dan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020. Lulusan diharapkan:

  • Bertakwa, nasionalis, dan memiliki etika akademik tinggi.
  • Menguasai konsep pedagogik, didaktik, dan keilmuan matematika.
  • Mampu menerapkan IPTEKS dalam pengajaran dan pengembangan media pembelajaran.
  • Mampu melakukan penelitian, publikasi, dan pengabdian berbasis permasalahan lokal dan nasional.

Pengalaman Kerja Lulusan

  • Praktik mengajar di sekolah melalui PPL (Program Pengalaman Lapangan).
  • Menyusun perangkat pembelajaran dan melakukan penilaian hasil belajar siswa.
  • Mengembangkan media pembelajaran matematika baik berbasis kertas, elektronik maupun material.
  • Melaksanakan KKN dan penelitian skripsi berbasis permasalahan lokal.